6 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Dan Cepat!
  • images
  • 1:28 am
  • images
  • No Comments.

6 Cara Mengobati Diabetes Secara Alami Dan Cepat!

Penyakit gula atau sering juga disebut Diabetes adalah suatu kondisi di mana jumlah glukosa dalam darah Anda terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar. Hal ini karena pankreas tidak memproduksi insulin, atau tidak cukup insulin, untuk membantu glukosa masuk ke sel-sel tubuh Anda – atau insulin yang dihasilkan tidak bekerja dengan benar (dikenal sebagai resistensi insulin).

Bagi seseorang yang memiliki kadar gula di atas normal tentu ini harus segera diatasi. Karena jika dibiarkan akan memicu penyakit-penyakit lain yang lebih serius seperti ginjal, saraf, mata dan yang lain. Berikut ini tips yang bisa anda lakukan untuk menurunkan gula darah, antara lain:

  • Rutin memeriksakan diri ke dokter. Selalu cek kondisi kadar dalam darah anda. Lakukan pemeriksaan cek darah paling tidak selama 6 bulan sekali.
  • Jaga berat badan anda agar lebih ideal. Kegemukan bisa jadi faktor pencetus berbagai penyakit. Orang gemuk karena banyak glukosa yang tidak digunakan untuk aktivitas fisik sehingga menimbun jadi lemak. Jaga kondisi berat badan anda agar lebih ideal dengan cara berolahraga.
  • Berolahraga secara teratur. Olahraga yang bisa memanfaatkan dan mengubah gula menjadi energi seperti fitness atau angkat beban, jalan kaki, jogging dan yang lain yang bisa membuat anda lebih bugar.

Nutrisi yang cukup dan bergizi sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah. Mengatur pola makan juga merupakan kunci terbaik agar kondisi gula darah dalam tubuh tetap normal. Misalkan anda bisa minum aneka jus sehat seperti jus buah bit, apel hijau, tomat, jus semangka, makan pare dan sayuran-sayuran yang menyehatkan.

Makan roti gandum juga baik karena banyak mengandung serat yang bagus. Berikut ini cara menurunkan kadar gula darah atau obat diabetes secara alami melalui bahan-bahan tradisional serta makanan, yaitu antara lain:

1. Cuka

Cuka telah terbukti menghambat laju gula darah dan meningkatnya insulin, serta meningkatkan perasaan kenyang setelah makan. Studi yang dilakukan Arizona State University menemukan orang-orang yang mengkonsumsi makanan dengan meminum cuka memiliki kadar gula darah dan insulin yang normal. Anda juga bisa mengkonsumsi cuka apel.

2. Kacang Almond

Almond merupakan sumber magnesium, serat dan protein. Almond memiliki kandungan magnesium yang tinggi daripada kacang-kacangan lainnya. Semua kacang-kacangan, termasuk almond, juga kaya Kromium yang dapat membantu mengelola kadar gula darah. Anda bisa membeli kacang almond di supermarket di kota anda, bisa anda konsumsi langsung sebagai camilan atau sebagai campuran masakan anda.

3. Alpukat dan Kacang-kacangan

Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh adalah unsur hara utama yang terkandung dalam beberapa makanan antara lai seperti alpukat, kacang-kacangan dan biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun.

Alpukat terbukti mampu menurunkan risiko sindrom metabolik, termasuk diabetes. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan setelah makan, dan memiliki dampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan.

4. Kayu Manis

Anda mungkin berpikir kayu manis rasanya manis dan mengandung gula, namun kayu manis ampuh dalam mengurangi gula darah dan mengurangi risiko untuk berkembangnya diabetes. Beberapa studi menunjukkan bahwa ekstrak kayu manis baik untuk menurunkan glukosa dalam darah, kadar kolesterol LDL dan trigliserida.

Namun hati-hati menggunakan kayu manis dalam dosis besar dapat berbahaya. Konsultasikan dengan dokter sebelum memulai kayu manis jenis apa yang cocok untuk anda.

5. Bawang putih

Bawang putih telah digunakan selama bertahun-tahun untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci menunjukkan bahwa ekstrak bawang putih dapat menurunkan gula darah.

Ekstrak bawang putih meningkat jumlah insulin pada orang dengan diabetes. Meskipun menimbulkan bau nafas tidak sedap, bawang putih merupakan bumbu makanan yang baik dan ternyata baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

6. Telur

Sebuah studi yang diterbitkan pada tahun 2008 di jurnal internasional obesitas menemukan orang-orang yang kelebihan berat badan dan obesiti diberikan dua telur sehari untuk sarapan. Para peneliti mengatakan mengkonsumsi telur dapat mengontrol rasa lapar dengan mengurangi insulin pasca makanan. Respon mengendalikan nafsu makan dapat mencegah fluktuasi kadar glukosa dan insulin.