Kesehatan Lingkungan Adalah Tanggung jawab Bersama

Kesehatan lingkungan adalah tanggungjawab bersama untuk semua manusia yang hidup pada suatu lingkup lingkungan. Setiap individu yang memanfaatkan tanah untuk tinggal, memanfaatkan air untuk keberlangsungan hidup sehari hari, dan memanfaatkan udara untuk terus bernafas harus ikut andil dalam menjaga kesehatan lingkungan. Apa sebenarnya kesehatan lingkungan? Apa saja lingkupnya? Dan sejauh mana kita harus ikut andil dalam menjaga kesehatan lingkungan? Simak terus untuk lebih jelasnya.

Kesehatan lingkungan adalah suatu keseimbangan ekologi antara manusia dan lingkungan sekitarnya. Tujuannya jelas untuk kesehatan manusia sebagai dampak dari sehatnya lingkungan. Banyak orang yang saat ini menjadi egois dan tidak memikirkan dampak yang besarĀ  dan jangka panjang. Contohnya yang terjadi di kota besar terutama di DKI Jakarta yaitu kebiasaan membuang sampah di sungai. Ini merupakan kebiasaan buruk yang sedari dulu sudah mulai terbiasa di masyarakat. Mereka seolah tidak merasa berdosa untuk membuang sampah di aliran sungai. Padahal dampaknya sangat besar. Sungai menjadi kotor,yang bisa menjadi sarang penyakit dan bisa mengancam kesehatan manusia. Andil kita sebagai individu yang tinggal di sebuah lingkungan sebenarnya sangat mudah dan kita semua sudah tahu. Dengan mulai dari diri sendiri untuk tetap menjaga kelestarian, sudah termasuk menjaga kesehatan lingkungan. Akan lebih baik jika mulai ke tahap berikutnya yaitu mengajak sesama untuk menjaga Kesehatan Lingkungan Bersama. Hal hal kecil bisa dimulai, misalnya saat ada pertemuan warga maka ajaklah mereka untuk kerja bakti membersihkan lingkungan sekitar sekaligus memberikan edukasi betapa pentingnya kesehatan lingkungan.

Kesehatan lingkungan adalah sesuatu yang akan terasa berhasil jika dilakukan bersama. Seluruh komponen masyarakat harus ikut peduli menjaga lingkungan agar kita tetap berada di lingkungan yang s sehat. Bukan hanya pemerintah yang diandalkan dengan dinas lingkungan hidupnya, akan tetapi kita sebagai warga biasa juga harus menjaga kesehatan lingkungan. Jika anda memiliki kekuasaan baik di tingkat pemerintahan atau hanya lingkup RT, maka manfaatkan kekuasaan anda untuk menggerakkan warga menjadi warga yang peduli kesehatan lingkungan. Ciptakan kampung hijau dan terus edukasi warga agar mereka peduli akan lingkungan yang sehat.