Cara Mengobati Diabetes Secara Alami

Kencing Manis atau disebut juga Diabetes adalah suatu kondisi kesehatan seumur hidup yang serius yang terjadi ketika jumlah glukosa (gula) dalam darah terlalu tinggi karena tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar. Jika tidak diobati, kadar glukosa darah tinggi dapat menyebabkan komplikasi kesehatan yang serius.

Ada dua jenis utama diabetes: Tipe 1 dan Tipe 2. kondisi keduanya berbeda, yang disebabkan oleh hal yang berbeda juga, tetapi mereka berdua serius dan harus dirawat dan dikelola dengan baik.

Kencing Manis atau sering disebut Diabetes menggambarkan suatu kondisi di mana tubuh tidak dapat menggunakannya dengan benar karbohidrat dalam makanan karena pankreas tidak membuat cukup insulin, atau insulin yang diproduksi tidak efektif, atau kombinasi keduanya.

Insulin adalah hormon yang membantu glukosa (gula) dari pencernaan karbohidrat dalam makanan, pindah ke sel-sel tubuh di mana ia digunakan untuk energi. Ketika insulin tidak hadir atau tidak efektif, glukosa menumpuk dalam darah.

Hal ini karena insulin adalah kunci, yang membuka pintu ke sel-sel tubuh. Begitu pintu dibuka glukosa dapat masuk di mana ia digunakan sebagai bahan bakar untuk energi sehingga kita bisa bekerja, bermain dan umumnya menjalani hidup kita.

Jika tidak ada hadir insulin dalam tubuh, seperti pada diabetes tipe 1, maka tidak ada kunci untuk membuka pintu dan glukosa tetap dalam darah. Ketika tidak ada cukup insulin, pintu sel hanya sebagian dibuka, atau ketika ada banyak insulin, tetapi kunci tidak bekerja dengan benar (kadang-kadang disebut sebagai resistensi insulin), ini adalah diabetes tipe 2.

Sebaiknya mencoba cara mengobati kencing manis secara alami, sebab cara alami lebih aman dilakukan. cara mengobati kencing manis secara alami bisa dilakukan pada usia muda atau pada orang lanjut usia. Berikut cara mengobati kencing manis secara alami:

  1. Daun salam

Daun salam biasanya digunakan sebagai bumbu dapur. Dengan menggunakan daun salam masakan akan lebih terasa sedap. Bagi dunia medis, daun salam dapat juga dijadikan sebagai tanaman obat diabetes. Dengan meminum air rebusan daun salam, maka penyakit diabetes akan berkurang dan bisa jadi sembuh.

Cara Mengobati Diabetes Melitus Secara Alami

Diabetes melitus bisa menimpa siapa saja dan tidak pandang bulu. Baik Anda masih muda atau sudah lanjut usia (lihat cara pencegahannya disini), pria atau wanita, memiliki kans untuk menderita penyakit satu ini jika Anda tidak pandai pandai menjaga kesehatan Anda.

Namun apa sih sebenarnya diabetes melitus itu? Diabetes melitus adalah semacam penyakit yang ditimbulkan akibat keanehan pada sistem metabolisme tubuh dimana insulin di dalam tubuh tidak mampu bekerja dengan baik sehingga terjadi peningkatan gula dalam darah secara drastis dan sistematis.

Hal ini dapat menjadi fatal karena gula yang berlebihan akan menjadi toksin atau racun bagi tubuh kita dan bisa menyebabkan komplikasi berbahaya bagi organ organ tubuh si penderita diabetes.

Kalau di atas disebutkan kencing manis kenapa kencingnya manis karena tubuh berusaha mengeluarkan gula berlebih tadi ke segala bagian tubuh nah termasuk sistem ekskresi atau pengeluaran bekerja keras mengeluarkan gula dengan bantuan air. Oleh karena itu penderita diabetes sering haus dan sering kencing pula.

Penyakit diabetes merupakan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan perlu mendapatkan pengobatan terbaik yang mampu mengobati penyakit diabetes dengan cepat dan aman sampai tuntas.

  1. Kayu manis

Kayu manis adalah salah satu tanaman yang berfungsi sebagai bahan masakan sekaligus obat diabetes alami dan obat tradisional berbagai macam penyakit. Tanaman ini membuat hormon insulin menjalankan fungsinya secara aktif dalam mengalirkan kadar gula dalam tubuh menjadi energi. Kayu manis juga berfungsi menangkal radikal bebas sehingga tubuh terhidar dari segala serangan virus berbahaya.

  1. Daun mangga

Mangga hanya dikenal karena buahnya yang berwarna hijau dan manis rasanya. Keistimewaan mangga buah mangga adalah vitamin C dan beberapa vitamin lain yang menyehatkan. Mangga biasa dikonsumsi dengan cara dijus ataupun dimakan secara langsung.

Lain halnya dengan buah mangga, daun mangga hanya dikenal sebagai makanan untuk kambing dan sejenisnya. Ada manfaat lain dari daun mangga untuk manusia dan bukan hanya untuk makanan hewan. Daun mangga diketahui sebagai obat diabetes alami yang efektif.

Cara Mengobati Diabetes Kering Secara Alami

Diabetes militus atau biasa dikenal dengan kencing manis, merupakan suatu penyakit kelainan pada sistem endokrin yang mana terjadi gangguan pembentukan insulin. Kita tahu bahwa insulin berfungsi sebagai jembatan agar glukosa bisa masuk kedalam sel, karena insulin pada penderita diabetes berjumlah sedikit atau nsulin tidak dapat bekerja secara optimal, maka glukosa tidak dapat diserap oleh sel tubuh manusia.

Penyakit diabetes memiliki sifat kadar gula dalam darah yang berlebih akibat hormon insulin yang mengalami gangguan sehingga glukosa yang seharusnya menjadi energi atau tenaga mengendap di dalam darah dan tidak dapat mengalir ke tubuh dengan baik. Oleh karena itu meskipun penderitanya mudah lapar dan haus namun berat badannya semakin menurun karena digerogoti oleh penyakit tersebut.

Terdapat 2 jenis penyakit diabetes yaitu diabetes type 1 dan type 2. Diabetes type 1 sering dikenal dengan istilah diabetes kering yang umumnya diderita oleh anak-anak dan usia remaja. Sedangkan pada type 2 lebih sering dikenal dengan istilah diabetes basah. Penderitanya kebanyakan berusia 40 tahun ke atas. Diabetes type 2 ini lebih berpengaruh untuk memunculkan penyakit lain seperti stroke dan jantung.

Untuk mengurangi resiko banyaknya bahan kimia yang masuk ke dalam tubuh, kita perlu mengetahui beberapa obat diabetes alami tanpa bahan pengawet yang bisa kita racik sendiri yang dijamin lebih aman dan tanpa efek samping. Di bawah ini akan diuraikan beberapa obat diabetes alami yang berasal dari tanaman yang ada di sekitar kita:

Ternyata selain merubah pola hidup ada cara cara secara alami minim efek samping yang bisa kita lakukan untuk mengobati dan mengatasi diabetes bila kita sudah terlanjur mengidapnya. Berikut ini beberapa cara alami tersebut.

  1. Buah Noni

Buah noni dipercaya sangat berkhasiat sebagai obat diabetes alami untuk menurunkan kadar gula dalam darah. Buah ini bermanfaat untuk memperbaiki sistem beta pankreas sehingga pengendapan glukosa dalam darah menjadi penyakit kencing manis atau diabetes. Buah noni sering dibuat untuk minuman herbal ataupun jus kemasan.

Cara Mengobati Diabetes Dengan Alami

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang di sebabkan oleh ada nya kenaikan pada gula darah yang terlalu tinggi. naik nya kadar gula darah yang terlalu tinggi tidak baik untuk kesehatan karena bisa menyebabkan gangguan pada kesehatan.

Penyakit diabetes yang dikarenakan naik nya kadar gula darah bisa terjadi akibat ada nya pengaruh dari makanan atau pun minuman dan di tambah dengan pola hidung yang kurang sehat sehingga mengakibatkan penyakit diabetes terjadi.

Penyakit diabetes pun bisa terjadi karena pengaruh genetik atau dari keluarga karena penyakit diabetes juga penyakit yang bisa di turunkan ke generasi selanjut nya. penyakit diabetes bisa mengakibatkan penyakit komplikasi jika tidak diatasi dengan baik.

Berikut ini beberapa cara alami untuk mengobati penyakit diabetes dengan bahan alami:

  1. Lidah buaya

Tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman yang berfungsi untuk kesehatan rambut. Selain untuk kesehatan rambut, lidah buaya juga berkhasiat untuk obat diabetes alami. Caranya mudah, hanya dengan merebus lidah buaya yang telah dicuci dan dibersihkan.

Setelah itu kupas dan potong lidah buaya menjadi beberapa bagian dan masukkan ke dalam wadah kemudian didihkan dengan air secukupnya, sisakan hingga sedikit kemudian ramuan siap untuk dikonsumsi.

  1. Bawang

Obat diabetes alami selanjutnya adalah bawang. Bawang terdiri dari 2 jenis yaitu bawang merah dan bawang putih. Kedua jenis bawang ini dapat dijadikan sebagai obat diabetes alami yang pengolahannya tidak sulit.

Bawang yang termasuk salah satu bumbu dapur utama karena hampir setiap masakan menggunakna bahan ini mengandung nutrisi dan senyawa yang mampu mensekresikan fungsi hormon insulin sehingga mampu berfungsi sebagaimana mestinya.

Tidak dibutuhkan pembuatan ramuan khusus untuk bawang, cukup dikonsumsi sebahai bumbu olahan maka khasiat yang terkandung akan berfungsi untuk mengobati diabetes. Namun akan lebih berkhasiat jika bawang ini dimakan mentah seperti untuk lalapan ketika makan sate.

  1. Manggis

Manggis adalah buah berwarna merah tua berbentuk bulat dan memiliki rasa manis. Buah ini sangat enak dan mengandung banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Selain rasanya yang manis dan lezat, buah ini juga berguna sebagai obat diabetes alami. Bagian buah manggis yang memiliki khasiat terletak pada bagian kulit. Kulit manggis diproduksi dalam beberapa bentuk seperti kapsul, kaplet, dan pil.

Cara Mengobati Diabetes Alami

Penyakit diabet memang sudah merajalela di negeri kita dan sering terdengar kasus meninggal karena mengidap diabetes melitus, sehingga meningkatnya kadar gula darah menjadi ancaman serius tak wajid di waspadai. Penderita diabetes melitus secara global di sebabkan oleh salah pola makanan dan gaya hidup dengan menerjang pantangan larangan dari makanan pemicu diabetes dan menjauhi anjuran makanan buah dan sayuran penurun kadar gula dalam darah. Kalau sudah masuk daftar penderita diabetes melitus maka mulai detik ini anda mulai berfikir kreatif bagaimana cara menemukan obat yang manjur ampuh berbahan alami tradisional untuk sesegera mungkin mengobatinya, untuk membantu anda para penderita pasien kencing manis” berikut ini ada saran bagaimana cara membuat sendiri obat diabetes memakai ramuan herbal dari alam, selamat menyimak moga saja bisa membantu.

  1. Ketan hitam mengandung antioksidan yang tinggi dan mempunyai sifat anti-inflasi, maka ketan hitam bermanfaat untuk mencegah diabetes, Alzheimer, anemia, kerusakan sel hati, memperlambat penuaan (awet muda), membersihkan kolesterol dalam darah, kanker, dan tumor. Serta menjaga kecantikan kulit, menyuburkan rambut dan sebagai nutri pembentuk otot supaya jadi lebih padat.

Manfaat ketan hitam yang akan Herbalogi.com jelaskan pada artikel ini adalah cara menurunkan gula darah dengan cepat bagi penderita Diabetes Melitus yang lebih dikenal dengan nama penyakit kencing manis.

Bagaimana caranya menurunkan gula darah dengan cepat? Salahsatu caranya adalah dengan menggunakan beras ketan hitam alami dan tidak dicampur dengan beras selain ketan hitam.

– Cuci secukupnya beras KETAN HITAM (bukan beras hitam) supaya bersih.

– Masukkan 2-3 sendok beras ketan hitam ke dalam gelas belimbing

– Seduh dengan air panas hingga gelas penuh dan tutup gelas, biarkan sampai dingin (sekitar 1 jam lebih)

– Air seduhan beras ketan hitam diminum 3x sehari, pagi, siang, dan malam sebelum makan

– Ampas ketan hitam biarkan tetap berada di dalam gelas, bisa digunakan untuk seduhan berikutnya sebanyak 2x. Jadi untuk hari berikutnya baru diganti dengan beras ketan hitam yang baru, sesuai takaran pada nomor 1.

– Sebaiknya seduhan beras ketan hitam diminum pada pukul 8 pagi, jam 12 siang, dan jam 4 sore.

– Sebelum meminum seduhan ketan hitam, lebih baik cek kadar gula darah terlebih dahulu

– Setelah kadar gula darah normal, maka konsumsi seduhan ketan hitam tetap dilanjutkan 2x dalam seminggu untuk menjaga gula darah tetap normal dan stabil.

Buncis Obat Diabetes

Kacang Buncis atau lebih dikenal dengan buncis, adalah termasuk jenis sayuran yang sebagian besar dari kita mengkonsumsinya, Rasanya renyah dan agak manis, menjadikan banyak yang suka dengan olahan masakan dengan buncis.

Kandungan gizi buncis, dari setiap 100 gram buncis mengandung 7,81%, lemak 0,28%, protein 1,77%, serat 2,07%. Banyak yang tidak menyadari bahwa buncis bisa mengobati penyakit. Untuk kategori penyakit ringan yang dapat mampu buncis sembuhkan, yaitu diabetes mellitus atau sering dikenal dengan kencing manis.

Hasil penelitian yang dilakukan Mahasiswa IPB bandung, menemukan kandungan zat B-sitosterol dan stigmasterol pada buncis, yang dapat meningkatkan produksi insulin. Dengan meningkatnya insulin akan mengurangi kadar gula di dalam tubuh.

Dengan sering mengkonsumsi buncis akan mengatasi masalah kadar gula dalam tubuh, Untuk penderita diabetes dianjurkan sering makan makanan dari olahan buncis, bisa dibuat sayur dan oseng-oseng buncis.

Bagi Anda yang sedang mengalami masalah dengan penyakit diabetes,  perbanyak konsumsi kacang buncis sebagai menu makanannya. Obat diabetes dengan buncis Sebaiknya dilakukan dengan memasaknya jangan terlalu matang. Anda bisa mengolahnya menjadi sup sayuran dan ditambah dengan campuran kacang panjang.

Diabetes Mellitus adalah suatu penyakit yang dikarenakan kurang atau tidak adanya insulin di dalam tubuh. Insulin merupakan suatu hormon yang dihasilkan oleh pankreas. Insulin berfungsi untuk meningkatkan penyimpanan karbohidrat, lemak, dan protein.

Insulin mempunyai peran yang sangat penting dalam proses glikogenesis, yaitu perombakan glukosa menjadi glikogen dalam hati dan otot.Insulin juga bertanggung jawab dalam proses lipogenesis yang merupakan proses pembentukan trigliserida dan lemak.

Untuk penderita kencing manis hindari makanan yang mengandung kadar gula tinggi, seperti makanan atau minuman yang manis- manis. Perbanyak minum air putih dan rutin berolahraga. Minuman yang terlalu manis juga sebaiknya dihindari, gunakanlah minuman dengan gula khusus untuk penderita Diabetes.